Sedang memuat ...

Memilih Ban Motor Sesuai Kondisi Jalan

By On Friday, April 7th, 2017 Categories : Referensi dan Rekomendasi

Harga Ban – Memilih Ban Motor Sesuai Kondisi Jalan, Bagi anda yang memiliki motor, tentu sudah tidak asing lagi mendengar kata ban. Orang yang belum memiliki motor pun tahu apa itu ban. Ya, benda ini memang paling populer dari semua bagian kendaraan. Penggunaan ban untuk motor tidak boleh asal-asalan, apalagi jika motornya digunakan setiap hari. Jalan yang dilalui motor juga tentunya berbeda-beda seperti jalan beraspal, berlubang, berlumpur, becek dan lain-lain. Pilihlah ban yang bisa digunakan untuk semua kondisi, terutama ban motor anti slip.

Kesesuaian kondisi ban dengan kondisi jalan memang sangat berpengaruh terhadap kenyamanan berkendara. Kondisi jalanan yang basah setelah terkena hujan biasanya menimbulkan resiko yang lebih besar dibandingkan kondisi jalanan yang kering. Ban sendiri memiliki 3 tipe yakni tipe kering, tipe basah dan tipe keduanya.

Ban motor anti slip banyak dipilih oleh pengguna motor karena dianggap lebih aman. Terlebih saat musim penghujan tiba. Kecelakaan pada musim hujan biasanya meningkat karena banyak disebabkan oleh motor mogok, jalanan licin dan masalah lainnya. Sebaiknya memilih ban sesuai standar pabrik agar jauh lebih aman. Jelas, ban standar pabrik sangat direkomendasikan bagi anda yang mengutamakan keselamatan.

Tipe Ban Basah

Selain itu, ban dengan kembangan yang dapat membelah air ketika kondisi jalan berair lebih nyaman digunakan. Terdapat garis lurus pada tengah ban sebagai jalan air, pengaruhnya adalah ban dapat menempel sempurna pada jalan. Sebaiknya anda menggunakan ban tersebut untuk roda depan. Ditambah juga, ban memiliki pola pada bagian samping untuk memecah air.

Intinya Memilih Ban Motor Sesuai Kondisi Jalan, tipe ban basah memiliki banyak alur hingga tepi ban karena memang ban motor anti slip tersebut sangat cocok digunakan. Banyaknya alur bertujuan untuk membuang air, namun traksi ban ini akan menurun ketika melewati jalan yang kering.

Semua Tipe Ban

Berbeda halnya dengan tipe ban basah, ban kering memiliki sedikit alur bahkan untuk balapan motor tidak memiliki alur sama sekali. Menariknya, ban tipe basah memiliki traksi terbaik saat digunakan pada jalanan kering. Ban tersebut sangat nyaman digunakan pada jalanan kering, tanpa khawatir terpeleset atau selip. Namun ketika tipe ban kering melalui jalan berair atau basah, anda harus berhati-hati. Kekuatan traksi akan berkurang saat melalui jalanan basah, tidak jarang banyak pengendara yang terpeleset dan mengalami kecelakaan.

Nah, untuk Indonesia sendiri yang memiliki iklim tropis, pengguna motor disarankan menggunakan tipe ban kering dan basah. Ban tipe ini memiliki alur yang tidak terlalu banyak dan traksinya sangat bagus. Tak perlu bingung, jika anda kesulitan membedakan tipe ban, anda bisa melihat penampakannya sesuai ulasan di atas. Atau bisa juga dengan melihatnya di bagian spesifikasi yang tertera pada ban. Pabrik biasanya menulis tipe dry, wet atau wet dry.

Demikian ulasan mengenai Memilih Ban Motor Sesuai Kondisi Jalan. Tetap utamakan keselamatan berkendara. Semoga Bermanfaat.

Memilih Ban Motor Sesuai Kondisi Jalan | exDecima | 4.5