Sedang memuat ...

Kelebihan Mobil Penggerak Roda Belakang

By On Wednesday, April 12th, 2017 Categories : Referensi dan Rekomendasi

Harga Ban – Kelebihan Mobil Penggerak Roda Belakang, Bagi anda yang memiliki mobil, penting sekali untuk mengetahui mobil anda digerakkan oleh roda depan atau belakang? atau digerakkan oleh empat roda? Ya, pada dasarnya sistem penggerak roda pada mobil dibagi menjadi tiga. Apa sajakah itu? Yakni penggerak roda depan (front wheel drive), penggerak roda belakang (rear wheel drive) dan penggerak empat roda (four wheel drive 4WD/AWD).

Biasanya sistem penggerak roda pada mobil ini tergantung pada kebutuhan mobil atau tujuan mobil itu diproduksi. Mobil di Indonesia umumnya menggunakan sistem penggerak roda belakang. Sistem ini dianggap lebih fleksibel untuk berkendara dalam kota, luar kota, jalan menanjak atau mobil pengangkut beban berat. Selain itu, sistem penggerak roda belakang umumnya digunakan pada mobil berpenumpang banyak atau yang sering disebut Multi Purpose Vehicle.

Jadi, Bagaiman Kelebihan Mobil Penggerak Roda Belakang ini? Simak ulasannya diĀ  bawah ini.

  1. Bertenaga di jalan menanjak.

Sistem penggerak roda belakang ini dapat menyalurkan tenaga dengan baik saat melewati tanjakan. Tenaga tersebut bertugas mendorong mobil, berbeda dengan sistem penggerak roda depan yang bertugas untuk menarik mobil.

Karakteristik dorongan akan memudahkan kemampuan mobil ketika mengangkut beban yang cukup banyak. Meskipun melewati tanjakan sekalipun, tenaganya tetap kuat. Sistem ini sangat cocok untuk mobil MPV berkapasitas 7 penumpang. Dimana mobil MPV ini sering ditumpangi ramai-ramai oleh semua anggota keluarga untuk pergi berlibur.

Kelebihan Mobil Penggerak Roda BelakangĀ 

  1. Perawatan lebih mudah.

Mesin mobil penggerak roda belakang dipasang searah dengan body mobil. Hal ini membuat ruang mesin menjadi longgar, sehingga perawatan mobilnya dianggap lebih mudah.

  1. Mudah bermanuver di tikungan tajam.

Radius outar sistem penggerak roda belakang lebih patah, sebab arah roda depan tidak dibatasi oleh drive shaft. Sehingga mobil tidak sulit untuk melintasi tikungan tajam. Dan yang paling penting, pengemudi tidak akan mengalami kesulitan saat melakukan parkir.

  1. Lebih lincah.

Mobil berpenggerak roda belakan lebih tahan banting, terutama di jalanan berlubang dan tidak rata. Umumnya, Power Steering pada mobil rear wheel drive lebih mudah dikendalikan karena roda depan hanya bertugas ke kanan atau kiri saja. Hal ini sangat membantu bagi pengemudi mengendalikan mobil, terlebih bagi pengemudi pemula.

  1. Lebih tahan lama.

Roda depan mobil rear wheel drive hanya berfungsi mengatur arah, artinya sistem mekanisasi, kemudi dan sistem suspense depan menjadi lebih awet.

Selain memiliki kelebihan, sistem penggerak roda belakang juga memiliki kekurangan. Salah satunya akselerasi yang lebih rendah dibandingkan mobil berpenggerak roda depan. Kemudian, mesin sering kehilangan tenaga dan boros bahan bakar. Hal ini disebabkan tenaga yang dihasilkan mesin harus melalui beberapa proses sebelum menggerakkan roda belakang.

Toyota Avanza, Grand New Avanza, Daihatsu Xenia dan Grand New Veloz adalah contoh mobil MPV yang menggunakan sistem penggerak roda belakang. Memang cukup populer digunakan oleh mobil pada segmen MPV juga segmen sedan.

Demikian ulasan Kelebihan Mobil Penggerak Roda Belakang yang bisa kami bahas. Jangan lupa untuk selalu update informasi harga ban atau seputar tips berkendara di website ini. Semoga Bermanfaat.

Kelebihan Mobil Penggerak Roda Belakang | exDecima | 4.5